logo Sipintek.com
Browse : Home / Pemrograman / PHP / Belajar Dasar Pemrograman : Gerbang Logika (And, Or, Not)
belajar gerbang logika

Belajar Dasar Pemrograman : Gerbang Logika (And, Or, Not)

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Januari 18th, 2020 - 2 Comments

Pemrograman sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang, namun karena pengembangan pemrograman yang sudah memasuki semua bidang kehidupan membuat pemrograman terlihat sangat sulit.

Banyak orang yang menyerah belajar pemrograman karena banyak hal yang mereka tidak ketahui. Kali ini kami akan membantu kalian untuk memahami ilmu dasar yang akan sering digunakan pada pemrograman komputer. Ilmu dasar yang akan kami bagikan adalah gerbang logika komputer.

Pengertian Gerbang Logika

Gerbang logika adalah Idealis atau perangkat fisik yang menjalankan fungsi matematika Boolean (true dan false atau 1 dan 0) untuk mengubah satu atau lebih masukan binary (sistem angka yang hanya terdiri dari 1 dan 0) menjadi satu nilai binary.

Gerbang logika sering digunakan dalam pembuatan komponen elektronik seperti transistor dll. Gerbang logika pasti akan digunakan dalam sebuah pemrograman komputer.

Jenis-Jenis Gerbang Logika

Gerbang AND

Gerbang AND adalah Sebuah gerbang yang hanya akan menghasilkan nilai benar(1) jika semua yang dimasukkan bernilai benar. Jadi ketika ada salah satu saja inputan yang bernilai salah(0) maka gerbang AND akan menghasilkan nilai salah(0).

simbol gerbang logika and
Simbol Gerbang Logika AND

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Gerbang OR

Gerbang OR adalah gerbang logika yang menghasilkan nilai benar(1) jika salah satu atau beberapa inputan ada yang bernilai benar(1). Artinya gerbang logika OR akan menghasilkan nilai salah(0) hanya ketika semua inputan bernilai salah(0).

Simbol Gerbang Logika OR
Simbol Gerbang Logika OR

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Gerbang NOT

Gerbang NOT adalah gerbang logika yang akan membalikan semua nilai yang dimasukan. Gerbang NOT akan menghasilkan nilai benar(1) jika yang dimasukan bernilai salah(0) dan juga jika nilai yang dimasukan bernilai benar(1) maka hasilnya adalah bernilai salah(0).

 Simbol Gerbang Logika NOT
Simbol Gerbang Logika NOT

Tabel Gerbang Logika NOT

ANOT A
10
01

Gerbang NAND

Gerbang NAND yaitu gabungan dari gerbang NOT dan AND atau gerbang NOT-AND. Dimana gerbang ini melewati proses gerbang AND baru proses NOT berjalan, bisa dibilang Gerbang NAND ini memiliki 2 gerbang yang harus dilewati yaitu Gerbang AND lalu gerbang NOT. Gerbang NAND hanya akan bernilai salah jika semua yang diinputkan bernilai benar. dan akan bernilai benar jika hanya salah satu yang diinputkan bernilai salah.

 Simbol Gerbang Logika NAND
Simbol Gerbang Logika NAND

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Gerbang NOR

Sebuah gerbang logika yang bisa dibilang didalamnya memiliki dua gerbang logika yang harus dilewati nilai inputan yaitu gerbang OR kemudian NOT. Gerbang logika NOR hanya akan menghasilkan nilai benar jika semua inputan bernilai salah, berkebalikan dengan gerbang logika OR.

Simbol Gerbang Logika NOR
Simbol Gerbang Logika NOR

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Gerbang EXOR

Gerbang EXOR (Exclusive-OR) adalah gerbang yang akan menghasilkan nilai benar jika hanya salah satu inputan saja yang bernilai benar, Ketika semua masukannya bernilai benar atau salah maka akan menghasilkan nilai salah.

Simbol Gerbang Logika EXOR
Simbol Gerbang Logika EXOR

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Gerbang EXNOR

Gerbang EXNOR (Exclusive-NOR) merupakan kebalikan dari EXOR dimana gerbang EXNOR hanya akan menghasilkan nilai benar hanya jika semua nilai masukannya bernilai benar atau semua nilai masukannya bernilai salah.

Simbol Gerbang Logika EXNOR
Simbol Gerbang Logika EXNOR

Tabel Gerbang Logika AND 2 Input

ABA AND B
000
010
100
111

Bagaimana Gerbang Logika Diterapkan dalam Pemrograman

Gerbang logika sangat sering digunakan dalam sebuah pemrograman. Gerbang logika seperti AND, OR dan NOT merupakan beberapa gerbang logika yang pasti digunakan dalam semua bahasa pemrograman.

Penerapan Gerbang AND

Gerbang Logika sering digunakan dalam pemilihan kondisi seperti if. Kita pasti sering menemui sebuah kondisi yang kita jalankan jika 1 buah atau lebih syarat terpenuhi. Misalnya data user akan ditampilkan jika user adalah admin dan user sudah login. Ini merupakan penerapan dari logika AND dimana perintah akan berjalan hanya jika semua syarat yang diinginkan terpenuhi. Contoh penerapan dalam bahasa pemrograman PHP dimana AND dilambangkan dengan ‘&&’ :

<?php 
$a=1;
$b=1;
if($a=1 &amp;&amp; $b=1){
echo ‘Hello World’; 
} 
?>

Penerapan Gerbang OR

Gerbang logika or juga sering diterapkan dalam pemrograman. Kita pasti sering bertemu kondisi jika kondisi ini atau kondisi yang lainnya terpenuhi maka data akan ditampilkan. Contoh penerapan gerbang logika OR pada pemrograman PHP yang dilambangkan dengan ‘||’:

<?php 
$a=1;
$b=0;
if($a=1 || $b=1){
echo ‘Hello World’; 
} 
?>

Penerapan Gerbang NOT

Gerbang logika not juga sering diterapkan di pemrograman untuk mengetahui apakah sebuah nilai benar yang kita inginkan. Kita pasti sering bertemu dimana data akan ditampilkan hanya jika nilai yang dimasukan tidak itu. Contoh penerapan logika NOT dalam pemrograman PHP yang dilambangkan dengan ‘!’ :

<?php
$data='tampil';
if($data!=’tidaktampil’){
	echo ‘Hello World’;
}
?>

Gerbang logika akan terus digunakan dalam dunia pemrograman dan elektronik namun dengan penerapan yang lebih komplek daripada contoh di atas.

Sekian postingan kali ini jika ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika kalian memiliki pertanyaan jangan lupa meninggalkan komentar di bawah! Teruslah belajar, mengembangkan dan berbagi ilmu yang kalian miliki.

Jangan lupa mengikuti media social kami agar kalian tidak ketinggalan informasi baru yang menarik dan bermanfaat dari kami.


Gambar Membuat Database Untuk Web CMS dengan MySQL #2

Membuat Database Untuk Web CMS dengan MySQL #2


Gambar Membuat Database Untuk Web CMS dengan MySQL #1

Membuat Database Untuk Web CMS dengan MySQL #1


Gambar Penjelasan MVC Dalam Pemrograman Web PHP

Penjelasan MVC Dalam Pemrograman Web PHP


Gambar Belajar Menggunakan Cookie di PHP

Belajar Menggunakan Cookie di PHP



2 tanggapan untuk “Belajar Dasar Pemrograman : Gerbang Logika (And, Or, Not)”

  1. M danil r berkata:

    Mantap terimakasih penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *