logo Sipintek.com
Browse : Home / Software / Tips & Trik / Youtube / Tips Mengedit Video Game untuk Youtube
Gambar Tips Mengedit Video Game untuk Youtube

Tips Mengedit Video Game untuk Youtube

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on September 28th, 2021 - No Comments

Video game termasuk yang paling populer di YouTube, seperti halnya dengan hampir semua jenis video lainnya. Pembuat video game pemula memperluas cakrawala artistik mereka, dengan harapan meluncurkan Channel yang sukses.

Apalagi jika kamu seorang gamer sejati, membuat video gaming akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Kamu hanya perlu merekam gameplay yang menarik, lalu edit videonya agar semakin menarik dengan bantuan komputer dan aplikasi editing video yang bagus.

Walaupun peluangnya terbilang sangat tinggi tapi, menjadi Youtuber Gaming yang sukses bukanlah hal yang mudah. Kamu harus membuat video yang unik dan rajin upload video.

Apalagi proses editing video bukanlah hal yang mudah. Karena itu sekarang kita akan membahas tips & trik dalam mengedit video game untuk Youtube agar lebih mudah, menarik dan keren.

Tips Mengedit Video Game  Youtube agar Lebih Menarik

1. Menggunakan Video Editor yang Bagus

Kamu perlu software editing yang bagus untuk menyatukan semua rekaman video dan audionya. Ada banyak video editor keren yang tersedia secara gratis atau berbayar.

Kamu bisa cek salah satu video editor online keren dan gratis, untuk editing video game yang cepat dan bagus. Setelah kamu memiliki sedikit pengalaman dan memantapkan diri, untuk memperoleh semua fitur keren dari alat tersebut, kamu bisa menggunakan versi premium yang sangat baik dari alat tersebut.

Sangat penting untuk kamu menggabungkan semua rekaman video dan audio ke dalam alat. Setelah itu, lihat semua video mu dan putuskan mana yang ingin disimpan dan mana yang ingin kamu hapus. Ini akan membantu kamu dalam menghasilkan sebuah mahakarya gameplay.

2. Usahakan Game Tidak Error atau Berkualitas Buruk

Perlu dicatat jika game berjalan buruk di mesin mu, pasti akan menghasilkan video yang buruk. Semua pop-up atau lag yang terjadi dalam game akan langsung dikirim ke file video selama perekaman layar, hal ini bisa mengganggu pemirsa.

Oleh karena itu, sebelum kamu mulai memainkan game, pastikan PC mu mutakhir dan mampu mempertahankan resolusi minimal 1080p pada hampir 60 frame per detik. Demikian juga, konsistensi akan sangat penting untuk hasil akhir.

3. Perhatikan Warna

Pekerjaan editor mencakup lebih dari sekadar menjaga segala sesuatunya teratur dan bergerak dengan cepat. Penting juga untuk mendapatkan rona yang tepat. Untuk memberikan tampilan yang lebih spesial pada video Anda.

Koreksi warna setiap clip video agar tetap konsisten sebelum memeriksa film secara lengkap. Kamu tidak harus memiliki semua warna yang sama, tetapi satu hal ini dapat mengubah video amatir menjadi sesuatu yang jauh lebih profesional.

Koreksi warna, filter, dan efek untuk meningkatkan drama dalam video game. Ini adalah proses kreatif unik yang berbeda dari satu editor ke editor berikutnya.

4. Persingkat Video

Gameplays telah berevolusi menjadi video panjang yang tidak masuk akal yang terlalu besar untuk diunggah ke internet, terutama jika kualitasnya tinggi.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak aplikasi perangkat lunak yang dapat menangani format file mp4. File-file ini dapat dengan mudah diunggah ke Youtube dan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

Oleh karena itu, pemangkasan adalah alat terpenting yang Anda gunakan sebagai editor video game. Kumpulkan klip pendek bagian-bagian yang seru untuk cuplikan game, agar penonton semakin penasaran.

Hilangkan bagian yang di mana tidak ada hal penting yang terjadi dalam video dan berkonsentrasi pada momen-momen penting dan menarik. Mengurangi panjang video menjadi potongan-potongan yang lebih singkat, membuat audiens tidak bosan dan tetap terpikat dengan video gameplay mu.

5. Perhatikan Efek dan Transisi

Ini adalah salah satu fitur paling menarik untuk disertakan dalam video game. Kamu dapat menerapkan transisi dan efek yang luar biasa ke setiap bagian dari file video yang lebih besar dengan banyak bagian.

Ini akan menghasilkan peningkatan kualitas yang signifikan. Profesionalisme ditingkatkan secara otomatis saat video game bergerak melalui berbagai pengaturan dan memiliki efek transisi unik dengan filter khusus.

Sebagian besar perangkat lunak pengeditan video online dan offline menyediakan fitur tambahan, transisi, dan alat pengeditan kompleks yang dapat memberikan tampilan profesional pada rekaman game Anda.

Transisi yang mulus membantu meningkatkan daya tarik visual dan pengalaman penonton video kamu. Transisi tentu saja dapat digunakan untuk berpindah dari satu adegan ke adegan berikutnya. Menu efek dari sebagian besar editor video penuh dengan transisi, sehingga sulit untuk memilihnya.

Banyak orang membuat kesalahan dengan memasukkan banyak efek transisi ke dalam video yang mereka edit, dengan harapan membuatnya terlihat lebih halus dan paham teknologi. Sebenarnya, mereka mungkin saja malah membuat video tampak berantakan dan tidak memuaskan. Jadi gunakan efek dan transisi dengan bijak, agar lebih nyaman ketika menonton hasil videonya.

6. Usahakan Audio Jelas dan Enak Didengar

Mengunggah video ke internet tanpa audio adalah ide yang buruk, karena akan mengganggu pemirsa. Jangan pernah memposting video game tanpa musik dan/atau tanpa suara yang menyertainya.

Jangan lupa kunjungi : Lagu Terbaik yang Cocok untuk Video Tutorial di YouTube

Idealnya adalah dengan merekam suara komentar kamu ketika bermain game, untuk menghasilkan audio yang jernih usahakan merekam suara dengan headset gaming berkualitas tinggi.

Adanya audio memudahkan audiens mengidentifikasi (kepribadian, sikap, dan karakter mu) dan berinteraksi dengan kamu. Pemirsa akan mendapat manfaat dari komentar kamu, karena akan memberi mereka informasi serta hiburan, perspektif, komedi, dan wawasan.

Saat video kamu memiliki backsound menarik yang berpadu sempurna dengan materi video, suasana hati dan tingkat energi pemirsa akan meningkat. Mayoritas video editor merekam suara dari mikrofon dan juga dapat menerima musik dari beberapa saluran. Semua dapat edit sesuai kebutuhan.

7. Buat Thumbnail video yang Menarik

Thumbnail YouTube Anda berfungsi sebagai kesan pertama video kamu. Gambar thumbnail harus menarik perhatian dan memberi tahu calon pemirsa tentang video game tersebut.

Karena YouTube dan platform berbagi video lainnya merupakan media visual, pemirsa pada awalnya akan melihat gambar mini (thumbnail) sebelum membaca judul (atau keterangan) video game Anda. Thumbnail yang bagus akan menarik audiens untuk mengklik video game kamu.

Membuat thumbnail yang menarik dimulai dengan menangkap ekspresi wajah saat bermain game atau mengekspresikan dirimu dalam sebuah video. Anda juga dapat menambahkan teks ke thumbnail video kamu, tetapi harus memiliki kontras yang cukup tinggi agar terlihat.

Lihat contoh thumbnail dari beberapa Youtuber Gaming terkenal berikut:

Gambar contoh thumbnail dari youtuber terkenal
Contoh Thumbnail Video dari Youtuber Populer (Jess no Limit, Miaw Aug dan Pew Die Pie)

Ringkasan

Ketika membuat video game, Anda perlu memastikan bahwa konten Anda memiliki faktor X, agar bisa bersaing dengan ratusan ribu channel khusus video game yang sudah ada di pasar.

Apa yang akan membuat kamu menonjol, selain ide video dan karaktermu? salah satunya adalah dengan menggunakan alat pengeditan video canggih dan tepat. Ini akan membantu kamu dengan cepat dalam membangun basis Subscriber yang mengesankan dan selalu ingin menonton video game kamu.

Ini juga akan memberi Anda dorongan untuk mulai mengeluarkan konten baru yang teratur. Alat editing video yang tepat dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam membuat video untuk channel youtube secara konsisten.


Gambar Cara Menyimpan File dan Chat Penting di Whatsapp (WA)

Cara Menyimpan File dan Chat Penting di Whatsapp (WA)


Gambar Cara Melanjutkan Download File Yang Gagal di EagleGet

Cara Melanjutkan Download File Yang Gagal di EagleGet


Gambar Membuat Link Chat Whatsapp (WA), Dengan Pesan Default

Membuat Link Chat Whatsapp (WA), Dengan Pesan Default


Gambar Cara Membuka Blokir Kontak di Aplikasi Whatsapp (WA)

Cara Membuka Blokir Kontak di Aplikasi Whatsapp (WA)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *