logo Sipintek.com
Browse : Home / Software / Software Antivirus Terbaik Untuk Windows
antivirus terbaik windows

Software Antivirus Terbaik Untuk Windows

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Januari 15th, 2020 - No Comments

Semua orang sudah tahu kalau Windows merupakan sistem operasi paling rentan terhadap virus. Banyak pengguna Windows pasti sangat ketakutan jika laptopnya terkena virus apalagi virus yang bisa merusak data yang ada di laptop kita. Terakhir kali Windows terserang virus yang cukup menggemparkan dunia yaitu Ransomware dimana akses terhadap sistem dibatasi dan semua data di enkripsi, dimana pengguna dipaksa untuk membayar jika ingin datanya kembali. Untuk mencegah virus masuk ke komputer kita maka kita perlu menggunakan software antivirus.

Kapan Kita Perlu Menginstall Software Antivirus?

Antivirus merupakan sebuah software yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan virus. Adapun beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk menginstall software antivirus yaitu:

Ketika kita menggunakan komputer kita dalam sebuah jaringan Internet maka sangat penting kita menggunakan Antivirus untuk melindungi dari situs web palsu, script berbahaya, file berbahaya yang tersebar di Internet dan melindungi data pribadi kita dari orang yang tidak bertanggung jawab. Karena internet merupakan sarang terbesar virus berada.

Ketika kalian sering menggunakan komputer kalian untuk bertukar data baik melalui media kabel, nirkabel, apalagi menggunakan flashdisk. Berdasarkan pengalaman saya penyebaran virus paling sering melalui flash memory yang dicolok ke USB, karena walaupun kita sudah melindungi komputer kita dengan antivirus belum tentu orang lain di sekitar kita. Sehingga sangat penting untuk kita menginstall antivirus yang memiliki fitur keamanan USB.

Ketika kita memiliki kita penting berkaitan dengan pekerjaan ataupun data pribadi kita di komputer kita. Kehilangan sebuah data penting adalah akibat dari virus yang paling fatal, jika datanya masih bisa dikembalikan sih ok tapi jika datanya rusak atau hilang? Untuk mencegah bocornya data anda atau hilangnya data penting anda maka menginstall antivirus sangat penting untuk kita.

Ketika kita menggunakan Operating sistem Windows. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak diserang oleh orang tidak bertanggung jawab. Bahkan bisa dibilang windows merupakan sistem operasi paling mudah terjangkit virus. Kebanyakan virus dibuat khusus untuk menyerang sistem operasi Windows.

Sehingga dapat disimpulkan kita pengguna Windows wajib 100% menginstall software antivirus.

Kenapa Windows Sering Terkena Virus?

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan banyaknya virus yang menyerang pengguna sistem operasi Windows yaitu:

1. Banyaknya Sistem Operasi Windows bajakan dan software bajakan di Windows.

pengguna sistem operasi bajakan sangat rentan terhadap serangan virus. Bahkan tidak dapat dipungkiri Windows dan software bajakan dapat digunakan karena adanya malware yang menggerogoti OS dan software itu sendiri. Windows bajakan ini sendiri banyak digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus atau malware berbahaya.

2. Karena mudahnya Windows untuk digunakan.

Mudahnya penggunaan Windows menyebabkan banyaknya pengguna Windows merupakan orang awam yang tidak mengerti pentingnya sebuah keamanan komputer dan bagaimana cara menjaga keamanan komputer.

3. Perizinan Windows yang lemah.

Sistem perizinan di OS Windows sangat lemah dan hampir 99% pengguna Windows menggunakan akun administrator mereka dalam menggunakan OS mereka. Hal ini menyebabkan mudahnya sebuah aplikasi berbahaya terinstall tanpa sengaja. Berbeda dengan pengguna Linux mereka menggunakan akun pengguna biasa untuk menjalankan OS nya dan mereka hanya akan menggunakan akun administrator jika mereka ingin melakukan perubahan sistem dan menginstall aplikasi baru.

4. Jarangnya pengguna Windows menginstall software dari Windows store.

Ini sudah pasti ya karena kebanyakan pengguna Windows mendownload software dari situs softwarenya, bahkan banyak yang menginstall dari situs bajakan. Hal ini menjadi kurang amannya software yang tersebar untuk OS Windows. Jika kita melihat sistem operasi berbasis Linux hampir semua pengguna mendownload software dari repositori resmi distro masing-masing. Bahkan seperti sistem operasi Android yang berjalan di mobile kebanyakan penggunanya menginstall aplikasi dari aplikasi resmi Play Store.

5. Tidak beragamnya Sistem Operasi Windows.

Berbeda dengan sistem operasi berbasis Linux terdapat banyak sekali distro Linux yang dibangun dan dikembangkan dengan cara yang berbeda, sehingga memerlukan waktu yang lebih dalam mengembangkan virus. Sistem operasi Windows hanya terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan dari fitur yang diberikan, seperti Windows home dan Windows pro. Sehingga jika suatu virus berjalan di satu versi Windows misalnya Windows 10, maka semua jenis Windows 10 dapat diserang virus ini bahkan versi Windows di bawahnya.

Apa Pentingnya Melakukan Update?

Banyak orang yang menganggap remeh pentingnya melakukan update sistem dan software ke versi terbaru. Para pengguna Windows pasti tau fitur Windows Update, fitur untuk mengupdate path atau bagian sistem kita yang kurang atau bermasalah.

Menjalankan Windows update sangat penting untuk memperbaiki bug sistem, yang dapat dimanfaatkan virus untuk masuk ke sistem operasi. Sehingga kebanyakan OS yang terkena virus adalah OS yang tidak up to date.

Selain OS software pun sangat perlu diperbaharui terutama software antivirus. Memperbarui Software antivirus sangat penting terutama memperbarui database virus. Perlu kalian ketahui setiap tahun, bulan, minggu, hari, bahkan setiap jam selalu muncul virus baru. Sebuah software Antivirus dapat mengetahui sebuah file adalah virus karena informasi tentang virus tersimpan dalam database virus. Jika ada virus baru dan antivirus kalian tidak diperbaharui maka bisa dipastikan virus tersebut akan lolos dari antivirus kalian. Software penting lainnya yang ada di Windows pun akan lebih baik jika diperbaharui, seperti web browser dll.

Software Antivirus terbaik di Windows

Pada postingan kali ini kami akan memberikan daftar antivirus terbaik yang kami peroleh dari berbagai sumber. Daftar antivirusnya adalah:

1. Bitdefender

Bitdefender Merupakan antivirus no satu menurut AV Test. Software ini sudah beberapa tahun ini menduduki software antivirus terbaik. Bitdefender dapat dijalankan di perangkat Windows, MacOS, IOS dan Android. Bitdefender sangat cocok untuk digunakan dalam usaha kecil, karena dengan uang 1jt per tahun bahkan untuk pembelian pertama hanya 500k per tahun kita dapat melindungi 5 perangkat kita dengan menikmati semua fitur keamanan premium yang dimiliki Bitdefender. Untuk yang tidak memiliki dana kalian bisa menggunakan Bitdefender versi freenya. Bitdefender memiliki feature device optimizer yang akan meningkatkan kinerja komputer kita sehingga komputer kita tidak terasa lebih berat walaupun menggunakan antivirus.

2. Kaspersky

Kaspersky merupakan salah satu software antivirus terbaik saat ini. Antivirus Kaspersky dapat berjalan di perangkat Windows, MacOS, IOS dan Android. Ada beberapa fitur andalan software antivirus ini yaitu:

  • pemblokiran virus, cryptolocker dan ancaman lainnya.
  • Perlindungan pembayaran dengan menggunakan enkripsi standar bank.
  • Pengamanan sandi dan dokumen pribadi.
  • Pengenkripsian data yang dikirim dan diterima secara online (VPN).
  • Melindungi webcam dari mata-mata.
  • perlindungan terhadap anak-anak dengan kontrol orang tua yang sangat canggih.

Untuk menikmati semua fitur keamanan yang diberikan Kaspersky kita perlu mengeluarkan uang 1,4 jt per tahun untuk 5 komputer lebih mahal daripada antivirus Bitdefender. Untuk kalian yang ingin mencoba maka gunakanlah versi trialnya.

3. Norton LifeLock

Norton AntiVirus merupakan software antivirus produk Symantec. Norton memberikan pengamanan perangkat dengan melindungi identitas, keluarga dan privasi online. Norton dapat dijalankan di Windows, MacOS, IOS dan Android. Norton sangat murah karena untuk lisensi 5 perangkat per 1 tahunya cuma 500k untuk versi Norton Security Deluxe.

4. McAfee

McAfee merupakan salah satu antivirus papan atas. McAfee dapat berjalan di beberapa perangkat yaitu di Windows, MacOS, IOS dan Android. Sama seperti antivirus lainnya antivirus ini juga berfokus pada keamanan dalam mengakses internet, perlindungan privasi multi segi. untuk harga McAfee multi perangkat adalah sekitar 1,4jt per tahun..

5. Avast

Avast merupakan salah satu software antivirus terbaik yang saya gunakan di PC saya selama 5 tahun lebih dan tidak pernah ada virus berbahaya di komputer saya. Software ini dapat berjalan di OS Windows, MacOS, IOS dan android. Fitur yang disajikan Avast Premium Security yaitu:

  • pemblokiran virus spyware dll.
  • Perlindungan ransomware yang mutakhir.
  • Pengecekan situs yang aman atau tidak.
  • Melindungi dari peretas dengan menggunakan firewall mutakhir.
  • Peningkatan keamanan webcam.
  • Dan fitur premium lainnya.

Avast premium security dapat digunakan 10 orang seharga 400k per tahun ini harga yang cukup murah dibanding software antivirus lainnya. bagi kalian yang belum memiliki dana bisa menggunakan versi gratis dari Avast seperti kami.

6. ESET NOD32 Antivirus

Eset merupakan salah satu software antivirus yang banyak digunakan dengan mencapai 110jt pengguna di seluruh dunia. Untuk membeli lisensi Eset di Indonesia sangat mudah karena mereka memiliki agen penjual di indonesia yaitu tokoeset.com, dimana kalian dapat membayar dari beberapa marketplace besar di Indonesia sehingga sangat memudahkan pengguna Eset di Indonesia. Untuk menikmati semua fitur yang dimiliki Eset NOD32 Antivirus kita perlu membeli versi Smart Security Premium, dimana untuk 4 user hanya 700k per tahun. Menginstall antivirus Eset tidak semudah menginstall antivirus pada umumnya.

7. Webroot SecureAnywhere AntiVirus

Webroot merupakan salah satu antivirus yang tidak banyak memakan ruang hardisk karena hanya membutuhkan 15 mb ruang disk. sangat ringan untuk fitur yang diberikan. Antivirus Webroot dapat melakukan scanning dengan cepat. Untuk yang tertarik untuk menggunakan Webroot kita dapat mencobanya dengan versi trial yang cukup lama yaitu 70 hari. Untuk menikmati semua fitur premium yang dimiliki Webroot untuk 5 user seharga 900k.

8. Malwarebytes

Malwarebytes merupakan antivirus yang dapat digunakan di berbagai perangkat seperti Windows, Mac OS, Chromebook, Android dan IOS. Malwarebytes dikembangkan dari tahun 2006. Malwarebytes memberikan deteksi anomali untuk mencegah serangan dari virus jenis baru. untuk menikmati semua fitur yang dimiliki Antivirus Malwarebytes kita perlu dana 900k hanya untuk 3 perangkat saja.

9. AVG

AVG merupakan salah satu antivirus yang menyediakan versi gratisnya untuk digunakan semua orang. AVG memiliki fitur keamanan seperti antivirus pada umumnya. AVG dapat dijalankan dalam perangkat Windows, Mac OS, Android dan IOS. AVG mulai keluar versi stabilnya pada 2010. untuk menikmati semua fitur yang dimiliki oleh AVG kita perlu membeli AVG Ultimate untuk 10 perangkat dengan harga 600k, sangat murah jika dibandingkan dengan antivirus lainnya.

10. Avira

Avira merupakan antivirus yang sudah dikembangkan dari lama, dimana antivirus ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1988. Untuk pengalaman dalam bidang keamanan komputer Avira sudah tidak perlu diragukan lagi. Avira Antivirus ini juga dapat dijalankan di perangkat Windows, Mac OS, Android dan IOS. Jika tertarik untuk menggunakan Avira kita dapat mencoba versi gratis nya. Untuk menikmati semua layanan Avira kita perlu dana sekitar 1jt rupiah untuk 5 perangkat.

Jika kalian bertanya antivirus apa yang kami gunakan untuk melindungi komputer kami? jawabannya adalah saya menggunakan antivirus avast untuk antivirus utama dan menggunakan antivirus tambahan SMADAV untuk melindungi dari virus yang berasal dari media USB.

Sekian postingan kali ini jika ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran jangan lupa untuk meninggalkan komentar yak. Jangan lupa follow social media kami agar tidak ketinggalan postingan terbaru kami


Gambar Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Messenger Terpopuler

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Messenger Terpopuler


Gambar Mesin Pencarian Terbaik Selain Google Yang Wajib Dicoba

Mesin Pencarian Terbaik Selain Google Yang Wajib Dicoba


Gambar Software Editing Video Terbaik Untuk PC Windows dan Mac

Software Editing Video Terbaik Untuk PC Windows dan Mac


Gambar 6 Aplikasi Pemutar Musik Gratis Terbaik di Windows

6 Aplikasi Pemutar Musik Gratis Terbaik di Windows



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *