logo Sipintek.com
Browse : Home / Info Menarik / Software / Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Messenger Terpopuler
Gambar Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Messenger Terpopuler

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Messenger Terpopuler

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Mei 18th, 2020 - No Comments

Hai Sipinter! Kali ini kita akan membahas aplikasi Instant messenger, aplikasi perpesanan instan berbasis internet yang paling banyak digunakan di dunia yaitu WhatsApp.

Saya yakin hampir semua orang sekarang tidak asing dengan aplikasi ini. Mulai anak SD sampai kakek nenek mungkin, sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

WhatsApp merupakan aplikasi yang dibeli dan dikembangkan oleh Facebook, perusahaan sosial media terbesar di dunia saat ini.

WhatsApp mengalahkan semua aplikasi messenger terbaik sebelumnya seperti BBM, Line, Wechat, dan bahkan Facebook Messanger juga.

Pasti kalian bertanya kenapa WhatsApp banyak digunakan? menurut mimin sih sesimpel karena WhatsApp memenuhi kebutuhan dan memberikan fitur yang tidak diberikan aplikasi messanger lainnya.

Jadi ketika seseorang menggunakan aplikasi messanger lainnya, pasti mereka merasakan kekurangan yang mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhannya.

Sehingga ketika mereka menggunakan WhatsApp, mereka dan saya merasa whatsapp adalah aplikasi terbaik untuk berkirim pesan. Semua fitur yang dibutuhkan ada dah sesimpel itu kenapa WhatsApp banyak digunakan.

Kalian pasti bertanya apa sih kelebihan dari aplikasi ini, yang membuat kita harus menggunakannya. Apa juga kekurangan dari aplikasi ini dibanding aplikasi messanger lainnya.

Kelebihan Aplikasi WhatsApp

Berikut merupakan kelebihan dari aplikasi WhatsApp yang membuat semua orang tidak bisa move on dari aplikasi ini:

1. Semua Layanan Gratis Bahkan Tanpa Iklan

Seperti kalian tahu sebuah layanan gratis biasanya pasti ada iklannya atau ada donasi dari penggunanya. Memang sih mungkin Facebook adalah penyokong dana terbesar untuk WhatsApp.

Kalian bayangin aja kalian bisa menggunakan aplikasi canggih seperti ini tanpa iklan dan semua fitur nya dapat digunakan. Ini sangat gila sih, namun mungkinkan ini masih masa percobaan atau masa promosi.

Sekarang WhatsApp sudah mengeluarkan versi bisnis untuk menangani pelanggan dengan mudah modal HP. Dan jika kalian lihat sepertinya semua usaha online mulai beralih ke WhatsApp Bussines.

2. Fitur Grupnya Sangat Bagus Memudahkan diskusi dan Berbagi file

Mungkin kalau kalian adalah angkatan mimin, pasti kalian merasakan keterbatasan beberapa Instant Messenger lain di fitur grupnya.

Sesimpel mimin belum pernah merasakan anggota grup kepenuhan. Ini membuktikan bahwa WhatsApp menyediakan jumlah maksimal anggota yang pas untuk sebuah grup, sehingga diskusi grup menjadi lebih baik.

Kita juga diberikan fitur membalas pesan dan mention dengan tanda @ agar teman grup kalian mendapatkan notifikasi walaupun mereka mematikan notifikasi grup.

WhatsApp merupakan aplikasi yang memang khusus dikembangkan untuk perangkat smartphone terutama Android dan iOS. Sehingga aplikasi ini dapat memaksimalkan kemampuan smartphone kalian mulai dari GPS, Kamera, File, Notifikasi dll.

3. Fitur Keamanan Yang Tinggi

Fitur ini yang banyak tidak dimiliki oleh instant messenger, karena WhatsApp (WA) memastikan akun dengan no HP kalian hanya aktif di satu perangkat smartphone.

Mungkin banyak orang yang bilang ini kelemahan WhatsApp tapi menurut mimim inilah kelebihan WhatsApp.

Kalian juga tidak perlu takut lupa password karena kalian hanya perlu login dengan konfirmasi dari no HP kalian. Jadi kalau no HP kalian aman akun WA kalian pasti aman.

WhatsApp juga tidak meminta satupun data pribadi kalian mulai dari nama, tanggal lahir dll. Cuma masukan no hp konfirmasi, trus isi nama panggilan status dan foto profil dah selesai.

Tapi pesan kita kan penting? hey WA menggunakan enkripsi end-to-end artinya pesan itu hanya bisa dibaca oleh perangkat pengirim dan penerima.

Jadi walaupun orang menghack akun kalian, yang mereka lihat hanya daftar grup chat kosong wkwkwk. Jadi pesan kalian bisa bocor, hanya jika kalian melakukan backup terhadap pesan kalian.

4. Tidak Memerlukan Koneksi Berkecepatan Tinggi

WA merupakan aplikasi yang sangat ringan dan bisa digunakan bahkan ketika kalian hanya menggunakan sinyal Edge sekalipun.

Apalagi jika kalian menggunakan koneksi 4G+ pesan kalian akan sampai ke teman kalian dengan sangat cepat. Sehinga slow respon hanya akan terjadi jika pasanganmu membalas pesan orang lain wkwkwk.

5. Bisa Chatting dan Calling Semua Orang di Seluruh Dunia

Dengan WA kita bisa menghubungi siapapun, dimanapun meraka berada asalkan masih ada koneksi internet. Baik ketika menggunakan fitur chatting, calling dan video call.

Mungkin fitur ini sudah dimiliki oleh banyak orang, namun jarang aplikasi yang bisa mengirim pesan secepat WA. Bahkan Facebook messenger kalah jauh.

6. Sistemnya Bisa Dibilang Sangat Adil

Aplikasi WA memungkinkan kita mengetahui apakah pesan kita sudah dibaca atau belum. Fitur ini sangat penting, apalagi ketika mengirim pesan penting.

Mungkin banyak orang yang terganggu dengan fitur ini dan kita bisa mematikanya. Sehingga orang tidak akan tau, jika kalian sudah membaca story dan melihat story mereka.

Namun ketika kalian mengaktfifkan fitur ini, kalian juga tidak akan tau apakah pesan kalian sudah dibaca oleh orang lain. Ini sangat adil bukan?

WA juga memberikan layanan story yang membuat kita, bisa beberbagi kegiatan kita dengan keluarga dan teman-teman.

Yang kerennya adalah WA terintegrasi dengan kontak HP kalian. Sehingga semua orang yang no WAnya tersimpan dapat melihat story kalian, dengan catatan mereka juga menyimpan no kalian di HP mereka.

Ini merupakan fitur WA yang Sangat keren, dan perlu saya acungi jempol.

8. Fitur WhatsApp Sangat Up To Date

Ketika semua orang menyukai fitur story di social media. WhatsApp dengan cepat menghadirkan fitur itu.

Mungkin ini juga disebabkan karena WhatsApp dikembangkan Facebook sehingga, fitur baru dapat ada di WA dengan cepat. Sehingga kalian yang menggunakan WA tidak perlu takut ketinggalan zaman.

Sekarang pun WA sudah menambah jumlah vidio call grup menjadi 8 orang, untuk menjawab kebutuhan pengguna.

9. WhatsApp Fokus ke Instant Messanger Tidak ke Social Media

Pasti banyak aplikasi instant messenger yang malah hilang arah malah cenderung menjadi aplikasi social media.

Namun tidak untuk WA yang khusus untuk berkirim pesan dengan menggunakan no HP. Tidak ada fitur cari teman dll yang hanya membuat no kalian menjadi tidak privat.

10. Banyak Fitur Tambahan Yang Sangat Membantu

Banyak sekali fitur WA yang sangat membantu kegiatan kita, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang membuat chating kalian sangat nyaman.

Salah satu fitur WA yang paling membantu adalah fitur berbagi lokasi yang sangat akurat. Pasti sering kalian mau bertemu dengan teman tapi tidak tahu lokasi, seperti di bawah:

A:”Lagi dimana bro?”

B:”Di Deket Kantor polisi belok kana terus belok kiri belok kanan terus belok kiri??????????????????ufufweweosas”

A: “share lock brow :P”

B: “:C oke oke.”

Ada juga fitur pesan suara yang memudahkan kalian memberikan ekspresi terhadap pesan, untuk teman, pacar atau mungkin gebetan kalian hehehe.

File pesan suara WA sangat kecil tapi kualitasnya tinggi, sehingga pesan sangat dapat dikirim dengan cepat dan tidak menghabiskan banyak memori.

WA juga menyediankan whatsApp Web yang membuat kita bisa mengakses Wa dari Laptop kita dengan mudah menggunakan scan barcode.

Ini akan sangat membantu dalam pekerjaan kalian. Mungkin file yang mau dikirim ada di laptop jadi tidak perlu susah-susah pindahin file ke HP dulu.

Ngomong-ngomong soal pekerjaan WA mengeluarkan WhatsApp Bussines Yang sangat membantu kalian untuk menangani pelanggan kalian.

Intinya WA akan membuat hidup kalian lebih mudah deh.

Kekurangan Aplikasi WhatsApp

Berikut merupakan kelemahan yang paling mimin rasakan ketika menggunakan WhatsApp:

1. Tidak Adanya Fitur Scroll ke Percakapan Yang Belum Terbaca

Jujur fitur ini sangat dibutuhkan di grup WA karena, tanpa ini akan kesulitan scrool ke atas untuk mencari pesan yang belum terbaca.

Akhirnya kita pun males dan percakapan menjadi kurang interaktif. Mimin sih tidak tau alasan dibalik tidak adanya fitur ini pada WA.

2. Banyak Menghabiskan Disk Smartphone Kalian

Ini adalah kelemahan yang disebabkan karena enkripsi end-to-end WA, yang membuat semua pesan dan media tersimpan pada perangkat kalian bukan di server WA.

Apalagi untuk kalian yang tidak mematikan fitur otomatis simpan media. Ini membuat aplikasi WA kalian mendownload semua media di chat dan yang dikirim di grup.

Tau sendiri orang banyak sekali yang suka spam, gambar, file dan video enggak penting yang tidak kita butuhkan. Mimin mengakali masalah ini dengan hanya mengaktifkan otomatis download voice chat dan media lain mimin matikan.

3. Tidak Adanya Fitur Filter dan Report Pada WhatsApp

Tidak adanya fitur ini memang Ini akan sangat menjaga privasi pengguna. Namun terkadang banyak disalahgunakan orang, untuk mengirim pesan yang tidak pantas.

Untungnya di WA ada fitur blokir dan bisukan hehehe.

4. Fitur Teruskan WhatsApp tidak memiliki Batasan

Mimin bingung ini bisa dikategorikan kekurangan atau kelebihan WA. Fitur ini yang membuat WA menjadi alat penyebar hoax yang cepat dari satu orang ke berjuta orang wkwkwkw.

Mungkin WA harus memikirkan cara terbaik agar fitur ini lebih berguna dan tidak menggangu pengguna lain.

Untungnya WA sebagai Instant Messenger tidak memiliki fitur broadcast Message yang sangat menggangu sekali.

Intinya dari postingan diatas menunjukan semua aplikasi, memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Kalau aplikasi bisa memaksimalkan kelebihannya dan memeperbaiki kelemahannya pasti dicintai penggunanya.

Sekian Postingan kali ini jika ada kekurangan atau kesalahan mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Jika memiliki pertanyaan atau saran tinggalkan di kolom komentar.

Nantikan postingan kami selanjutnya dan jangan lupa share dan follow social media Sipintek. Terima Kasih :D.


Lagu NCS Terbaik Untuk VLOG Traveling di Youtube


Lagu NCS (No Copyright) Terbaik Untuk Video Gaming


Musik Gratis (No Copyright) Untuk Video Horor di Youtube


Gambar Musik Gratis Untuk Video Vlog Kuliner Dan Tutorial Masak

Musik Gratis Untuk Video Vlog Kuliner Dan Tutorial Masak



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *