logo Sipintek.com
Browse : Home / Bisnis / Info Menarik / Website / Kenapa Sebuah Bisnis Harus Mempunyai Website
manfaat website untuk bisnis

Kenapa Sebuah Bisnis Harus Mempunyai Website

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Januari 17th, 2020 - No Comments

Sekarang pengguna internet di dunia bertambah dengan cepat. Hal ini terjadi karena majunya perkembangan teknologi terutama perangkat bergerak seperti smartphone. Sekarang semua orang bisa memiliki smartphone dengan harga yang murah. Sehingga sekarang banyak orang yang bisa mengakses internet dengan mudah. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan media untuk mengakses internet seperti 4G dan kabel fiber. Sekarang semua orang dapat menikmati internet dengan mudah dan murah walaupun belum semuanya.  

Apa itu Website?

Website merupakan Merupakan sebuah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman utama (homepage) menggunakan web browser pada perangkat yang terhubung dengan jaringan. 

Apa itu Web Hosting?

Web hosting merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan website agar dapat diakses melalui internet. Jika kita menyewa layanan hosting berarti kita sedang menyewa sebuah space yang ada dalam sebuah perangkat web server yang terhubung dengan internet.

Apa itu Nama Domain?

Domain merupakan sebuah Nama Unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat dari sebuah web server dan mail server yang ada di internet. 

Hubungan Website, Web Hosting dan Nama Domain 

Kesimpulan nya adalah website seperti rumah dimana web hosting merupakan tanah tempat kita membanggun rumah dan nama domain merupakan alamat dari rumah kita dan internet adalah jalan yang menghubungkan semua rumah dll. 

Manfaat Website untuk usaha

Sudah banyak orang yang merasakan manfaat yang diberikan website untuk sebuah bisnis. Jika website tidak bermanfaat tidak mungkin semua perusahaan besar membuatnya. Tapi apa manfaat yang diberikan website untuk sebuah usaha? Berikut ini dijelaskan secara rinci manfaat website untuk sebuah usaha atau bisnis:

1. Untuk Memperkenalkan Bisnis

Website memungkinkan kita untuk memperkenalkan bisnis kita kepada semua orang yang mengakses web kita. Dalam sebuah website memungkinkan kita menyuguhkan semua hal tentang bisnis kita secara menarik dan modern. Kita dapat menyajikan informasi mengenai bisnis apa ini, apa saja yang ditawarkan dan informasi apa saja yang dibutuhkan pelanggan.

2. Untuk Mendapatkan Pelanggan

website merupakan media yang paling tepat untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan cara kita menyediakan informasi yang dibutuhkan khalayak umum yang berhubungan dengan bisnis kita.

3. Menemukan Tim dalam Menjalan Bisnis

Jika bisnis kita sudah cukup dikenal maka kita dapat membuat link dan halaman untuk pengrekrutan karyawan baru maka para pencari kerja dapat dengan mudah menemukannya. Pelamar hanya tinggal mengirim data yang diperlukan melalui kontak yang anda sediakan. Nilai lebihnya lagi kita mendapatkan karyawan baru yang bahkan sudah mengenal bisnis kita dari lama, karena mereka sudah sering mengunjungi website kita. 

4. Menjadi Teratas di Mesin Pencarian

Menjadi no 1 di mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dll bisa merupakan persaingan terbesar dalam mengembangkan bisnis menggunakan website. Misal kita menjual sepatu lari maka ketika orang mencari sepatu lari di mesin pencari maka mereka akan kemungkinan terbesar adalah pelanggan akan mengunjungi website teratas. Jika kita website kita berada di urutan pertama mesin pencarian maka kita dapat mendapatkan pelanggan dengan mudah.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dalam berapa penelitian sebuah usaha yang memiliki website sendiri memiliki kepercayaan lebih dari pada kita memiliki lapak di marketplace, halaman di social media atau memiliki akun social media. Mungkin karena ini lah sekarang semua social media menambahkan centang biru atau akun terverifikasi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tidak dapat dipungkiri kita akan lebih mempercayai bisnis yang memiliki website daripada yang tidak mempunyai, apalagi websitenya tampilannya menarik, modern dan profesional.

6. Mengedukasi Pelanggan

Dengan menggunakan website kita dapat memberikan informasi mengenai produk kita dan apa gunanya dan apa bedanya dengan pesaing kita secara rinci. Karena pelanggan sering membandingkan produk kita dengan produk lain serupa dan mencari terbaik. 

7. Tempat untuk Memamerkan Hasil Kerja Perusahaan Anda

Salah satu menjadi daya tarik agar pelanggan mau menggunakan servis yang diberikan bisnis anda adalah apa yang sudah bisnis kalian hasilkan, dengan siapa sudah melakukan kerjasama dan bagaimana pendapat pelanggan yang menggunakan servis atau produk anda.

8. Meningkatkan efektifitas promosi bisnis

Dengan mempunyai website kita dapat memasang iklan di mana saja kita mau sesuai target pasar yang kita inginkan. Memasang iklan dimanapun baik di social media, email, mesin pencarian, afiliasi, dll rata-rata semua penyedia iklan menyediakan pengalihan ke website resmi kita.

9. Sebagai Toko Pusat atau Pusat Informasi Terpercaya Bisnis Anda

Sebuah website dapat digunakan untuk menjadi, tempat kita memajang produk dan servis yang diberikan bisnis kita secara menarik dan modern. Dengan menggunakan website kita dapat memberikan informasi dengan mudah kepada pelanggan kita dan pelanggan pun dengan mudah percaya dengan informasi yang kita berikan melalui website resmi kita. Hal ini dapat mencegah informasi simpang siur yang dapat merugikan bisnis kita.

10. Punya Email dengan Domain Sendiri

Sebuah domain name merupakan nama unik yang tidak mungkin dimiliki oleh orang lain. Sistemnya adalah siapa cepat dia yang dapat, jadi jangan ragu langsung beli domain sesuai nama usaha anda sekarang juga agar tidak dibeli orang lain. Dapat kita pastikan dengan memiliki email bisnis dengan nama domain bisnis kita, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kita saat melakukan pemasaran melalui email. Karena beberapa pelaku email marketing sudah membuktikan bagaimana efektifnya pemasaran melalui email. Hal ini kita bisa lihat di semua website menyediakan servis langganan (subscribe) menggunakan email, atau jika kita ingin mendapatkan sebuah produk digital secara gratis kita perlu memberi alamat email kita. Semua ini merupakan strategi mengumpulkan alamat email yang tertarik dengan bisnis kita, sehingga kita dapat mengirim penawaran terbaru kita ke semua pelanggan kita melalui email.

11. Memudahkan Pencarian Informasi

dengan memiliki website pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bisnis kita yang dapat diakses dari manapun, dimanapun dan kapanpun.

12. Memperluas Jaringan

Internet merupakan market terbesar saat ini jika kita ingin melebarkan sayap kita ke seluruh dunia dapat dipastikan internet adalah jawabannya. Website dapat digunakan untuk menangkap pelanggan yang tersebar di internet. 

13. Melacak semua pelanggan secara real time

Website memungkinkan kita untuk menyimpan data pelanggan mulai dari perangkat yang digunakan, informasi geografis, dari mana asal pelanggan dan apa yang diinginkan pelanggan dengan mudah. Dan hal ini dapat dilakukan oleh website tanpa kita menambahkan pegawai untuk mengurusi pelanggan kita.

14. Mempermudah Penelitian Pasar 

Mudahnya pengumpulan data mengenai pelanggan kita dengan menggunakan website. Data ini dapat digunakan untuk meneliti pasar dari bisnis kita. Sehingga kita dapat memberikan pelayanan terbaik dan menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan bisnis kita.

15. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan (Customer Service / CS)

Dengan menggunakan website kita dapat meningkatkan CS yang diberikan karena website memberikan auto response mengenai beberapa pertanyaan yang sering dipertanyakan pelanggan. Jika pelanggan menghubungi bukan saat jam kerja maka servis auto response akan sangat membantu kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Menggunakan website kita juga dapat meningkatkan efektifitas kerja dari karyawan CS kita, karena 1 CS dapat menangani beberapa pelanggan sekaligus.

16. Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Dari semua manfaat yang diberikan oleh website kita malah menghemat waktu dan dana kita. Website dapat berjalan bahkan saat semua pegawai kita sedang tidur. Untuk membuat website yang dapat diakses dari seluruh dunia kita memerlukan dana yang jauh lebih sedikit dibandingkan dana untuk membangun sebuah toko offline.

Dari semua manfaat yang diberikan website untuk usaha kita, apa masih ragu mengonlinekan bisnis? 

sekian informasi yang dapat kami berikan jika ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika kalian mempunyai tambahan mengenai manfaat website jangan lupa tinggalkan komentar anda. Ikuti social media kami agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik yang kami berikan. Jangan lupa terus belajar, mengembangkan dan berbagi kepada semua orang.


Gambar File Hosting Gratis Terbaik Dengan Penyimpanan Terbesar

File Hosting Gratis Terbaik Dengan Penyimpanan Terbesar


Lagu NCS Terbaik Untuk VLOG Traveling di Youtube


Lagu NCS (No Copyright) Terbaik Untuk Video Gaming


Musik Gratis (No Copyright) Untuk Video Horor di Youtube



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *