logo Sipintek.com
Browse : Home / Game / Info Menarik / Dampak Bermain Game Online Terhadap Pergaulan Anak
dampak bermain game terhadap pergaulan remaja

Dampak Bermain Game Online Terhadap Pergaulan Anak

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Januari 20th, 2020 - No Comments

Hai sipinter kali ini kami sangat penasaran untuk mencari informasi tentang pengaruh bermain game terhadap pergaulan atau kehidupan sosial. Kami sangat tertarik karena kami sangat suka bermain game online.

Pengertian Game

Game merupakan sebuah permainan dengan aturan tertentu untuk mencapai tujuan akhir yang dibuat untuk hiburan. Game online merupakan jenis game yang memanfaatkan teknologi internet untuk menghubungkan semua pemain dari seluruh dunia.

Banyak orang menghabiskan waktu luangnya untuk bermain game. Game sangat digemari di kalangan anak-anak dan remaja. Salah satu jenis game yang paling diminati adalah game online. Bahkan game online sekarang menjadi trend di kalangan anak-anak dan remaja.

Kelebihan Game Online

Melakukan permainan olahraga sangat dipengaruhi jumlah kehadiran teman, jika orangnya kurang maka permainan sulit dilakukan misal, kita tidak mungkin bermain badminton, volley, dll sendirian. Game online memungkinkan kita bermain sendiri dan sangat mudah menemukan teman bermain. Apalagi sekarang sekolah sudah full day maka anak hanya memiliki sedikit waktu untuk bermain dengan temannya di luar sekolah.

Game online sangat digemari karena kita dapat terhubung dengan semua player dan bermain bersama. Ketika sebuah game dapat menghubungkan banyak orang maka akan ada sebuah kompetisi antar setiap pemain. Tidak dapat dipungkiri game akan lebih menyenangkan jika bisa bermain dengan orang lain apalagi teman. Kita dapat memamerkan pencapaian kita di dalam game, karena jika bermain sendiri hal seperti ini tidak dapat dilakukan.

Dampak Negatif Bermain Game Online

Jika kita bermain game secara berlebihan maka akan berdampak buruk terhadap kita. Hal ini dapat membuat kesehatan jasmani kita menurun bahkan parahnya bisa menyebabkan kematian. Orang yang sudah kecanduan game akan memilih menarik diri dari lingkungan, sering kehilangan kendali dan tidak peduli dengan sekitar.

Seseorang yang sudah kecanduan game online akan menghabiskan waktunya untuk bermain game. Mereka merasa dengan bermain game online mereka mendapatkan teman bermain dengan mudah, sehingga mereka merasa sangat dipuaskan dengan hanya bermain game dan menganggap lingkungan tidak terlalu penting.

Mereka yang kecanduan bermain game juga terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game. Hal ini menyebabkan kurangnya waktu untuk istirahat sehingga tubuh kelelahan ditambah Kekalahan dalam bermain serta perilaku buruk dari beberapa pemain juga menyebabkan seseorang merasa emosi.

Bermain game online secara berlebihan juga membuat seseorang, merasa game lebih penting dari segalanya. Hal ini membuat mereka tidak peduli terhadap sekitar yang menurunkan rasa empati seseorang.

Dampak Negatif Game Online Terhadap Pergaulan atau Kemampuan Sosial Anak

Beberapa penelitian yang telah dilakukan, mereka tidak menemukan adanya hubungan antara kurangnya keterampilan sosial anak, dengan waktu yang dihabiskan saat bermain game online. Mereka malah mengatakan mungkin bukan gamenya yang perlu dicemaskan, tapi alasan kenapa anak menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game, karena hal inilah yang mungkin menyebabkan dampak yang negatif terhadap seorang anak.

Walaupun begitu bermain game online secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap pergaulan seseorang dan bagaimana mereka bersosialisasi. berikut ini beberapa dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari bermain game online secara berlebihan terhadap kehidupan sosial seseorang :

Terisolasi dari Lingkungan

Jika terlalu berlebihan bermain game dapat membuat seseorang ingin menghindari lingkungan yang tidak sesuai dengannya, bahkan malah lebih memilih sendiri. Akhirnya pergaulannya akan hanya di sekitar temannya yang bermain game yang sama dengannya. Jika tidak ada temannya yang bermain game online yang sama dengannya akan membuatnya terisolasi dari lingkungan.

Munculnya Rasa Pemalu dan Tidak Percaya

Karena terlalu banyak menghabiskan waktu bermain game online maka, kemampuannya hanya akan terbatas pada game yang mereka mainkan. Hal ini membuat mereka sulit bersosialisasi dengan orang lain karena terbatasnya topik yang dapat mereka bahas. Hal ini juga akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan rasa malu untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Kurang Produktifnya Pergaulan

Sekarang game online menjadi trend di anak muda, sehingga banyak anak muda yang berkumpul dengan teman-temanya hanya untuk bermain game. Hal ini menyenangkan namun akan menghabiskan banyak waktu, yang seharusnya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna. Sekarang ketika kita berkumpul dengan teman pasti diajak mabar, mulai main pagi dan tanpa terasa tiba-tiba sudah siang hari begitu seterusnya.

Penggunaan Kata Kasar Meningkat

Tidak bisa dipungkiri game membuat kita berekspresi secara tiba-tiba dan kebanyakan akan selalu mengeluarkan para binatang dari kandangnya. Penggunaan kata kasar dalam mengekspresikan diri dalam bermain game sudah menjadi kebiasaan, tidak baiknya terkadang malah sering terbawa di kehidupan nyata dalam pergaulan anak muda.

Sekian postingan kali ini jika ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga artikel ini berguna untuk kita semua.

Jika kalian mempunyai pertanyaan, kritik, dan saran jangan lupa berkomentar di bawah.

Jangan lupa mengikuti social media kami agar kalian tidak ketinggalan berita baru dari kami.

Beberapa web yang saya jadikan referensi dalam pembuatan artikel ini :

  • http://repository.radenintan.ac.id/6027/1/SKRIPSI%20SITI%20KHOIRIYAH.pdf
  • https://techno.okezone.com/read/2016/07/24/326/1445488/saatnya-mengontrol-dampak-negatif-game-online
  • https://www.ajnn.net/news/psikolog-kecanduan-game-online-berpengaruh-pada-perilaku-remaja/index.html

Lagu NCS Terbaik Untuk VLOG Traveling di Youtube


Lagu NCS (No Copyright) Terbaik Untuk Video Gaming


Musik Gratis (No Copyright) Untuk Video Horor di Youtube


Gambar Musik Gratis Untuk Video Vlog Kuliner Dan Tutorial Masak

Musik Gratis Untuk Video Vlog Kuliner Dan Tutorial Masak



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *