logo Sipintek.com
Browse : Home / Game / Info Menarik / Manfaat Bermain Game Online Untuk Perkembangan Anak
manfaat bermain game online

Manfaat Bermain Game Online Untuk Perkembangan Anak

Published by I Gede Arya Surya Gita - Posted on Januari 21st, 2020 - No Comments

Game online merupakan permainan dengan aturan tertentu untuk menyelesaikan tujuan tertentu, dimana semua pemain saling terhubung memanfaatkan jaringan internet. Game online merupakan game yang paling banyak diminati oleh para pecinta game.

Kenapa Orang Menyukai Game Online

Game online memungkinkan kita bermain dengan orang lain dari seluruh dunia atau mengundang teman kita untuk bermain bersama. Salah satu kesenangan game online adalah saat dimana kita mabar bersama teman atau kita bertemu teman dalam game yang bisa diandalkan. Pada dasarnya semua ingin pencapaiannya diakui begitu juga dalam game, game online memungkinkan kita membagikan pencapaian kita dalam game ke teman kita dan ke semua pemain.

Sekarang sudah banyak game online yang memiliki aturan ketat dalam permainan sehingga meningkatkan kenyamanan pemain. Tidak seperti dulu game online hanya pay to win, sekarang dengan aturan yang diberikan semua pemain diberikan kenyamanan mulai dari yang kemampuannya biasa saja sampai yang sudah pro dan dari pemain berduit sampai yang tidak berduit. Setiap pemain di berikan peringkat dan level berdasarkan jumlah kemenangannya, sehingga jarang terjadi pemain bertemu lawan yang tidak seimbang.

Game online juga memungkinkan kita untuk berfantasi melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata. Mulai dari memiliki kekuatan super, mempunyai senjata, pertarungan dll.

Game online juga biasanya selalu memperbaharui game nya, sehingga membuat pemain tidak merasa bosan saat bermain. Pembaruan yang diberikan dapat berupa map, misi, hero, penampilan hero, pet, aksesoris, item, peraturan dan lain-lain yang akan membuat para pemain nyaman dan ketagihan bermain terus.

Dampak Positif yang Ditimbulkan dari Bermain Game

Ketika membicarakan game pasti semua orang yang tidak bermain pasti selalu bilang bermain game itu tidak baik. Mulai dibilang ngabisin waktu, tidak penting, tidak berguna sampai dibilang sampah masyarakat. Namun seiringnya masyarakat mulai mengenal teknologi dan esport maka bermain game sekarang tidak hanya dipandang sebelah mata. Jika seorang pemain serius dan memiliki kemampuan, mereka dapat menghasilkan uang dari game.

Agar masyarakat tidak memandang sebelah mata para pemain game maka kami akan membahas dampak positif yang didapat oleh seseorang ketika bermain game. Yang perlu dicatat disini adalah dampak positif yang terjadi ketika bermain game yang tidak berlebihan atau saat tidak kecanduan game. Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Dampak Positif atau manfaat dari Game Online Terhadap Kemampuan Seseorang

1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Game sangat berpusat pada kecepatan respon pemain, yang mengandalkan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Jika kita sering bermain, maka bermain game akan meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan kita.

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Ada penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang bermain game lebih memiliki kemampuan sosial daripada yang tidak bermain. Game online memungkinkan orang untuk bertemu orang lain yang tidak dikenalnya, Hal ini akan mengajarkan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan banyak orang.

3. Peningkatan Kemampuan Belajar

Game merupakan sebuah permainan yang didalamnya berisi banyak masalah yang harus diselesaikan oleh pemain. Pemain dipaksa untuk berpikir bagaimana ia bisa menyelesaikan misinya. Game juga pada awalnya dikembangkan untuk media belajar, Bermain game membuat kita bertemu tentang hal baru yang mengharuskan kita berpikir keras dengan cara yang menyenangkan.

4. Meningkatkan Kreativitas dan imajinasi

Game sangat menekankan pada pengalaman visual, semua game dikembangkan dengan tampilan yang sangat beragam dan menarik yang dapat merangsang kreativitas dan imajinasi pemain.

5. Mengajarkan Sportifitas dan Keadilan

Game yang bagus adalah game yang memiliki aturan yang menjunjung tinggi sportifitas dan keadilan. Game memaksa pemain bermain secara sportif, karena jika kita melakukan kecurangan atau melakukan aktivitas yang merugikan pemain lain maka akan mendapatkan hukuman. Hukumannya mulai dari di ban dari pertandingan, jika parah akun dapat di banned bahkan perangkat kita dapat di banned agar tidak dapat mengakses game lagi.

6. Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Pemain game memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk memenangkan sebuah pertandingan dalam game. Konsentrasi merupakan hal penting dalam bermain game, karena lengah sedikit saja bisa membuat kita kalah. Game mengajarkan ketekunan untuk semua pemain karena untuk menaikan level membeli sesuatu dalam game memerlukan waktu dan usaha lebih bahkan kesabaran yang tinggi terkecuali kita memiliki uang jajan lebih hehehe.

7. Mempermudah belajar bahasa dan matematika

Hal ini kami sangat rasakan karena game bisa dibilang berisi banyak bahasa asing terutama bahasa Inggris hal ini memaksa kita harus mengerti bahasa Inggris. Kita juga sering bertemu dengan orang asing di dalam game. Sehingga banyak orang yang bisa berbahasa Inggris karena sering bermain game. Game juga berisi perhitungan matematika untuk menghasilkan keseimbangan dalam permainan. Pemain game yang memiliki perhitungan yang baik akan lebih diuntungkan dalam permainan.

8. Menghilangkan Stres

Bermain game memungkinkan kita untuk mengurangi bahkan melupakan masalah kita sejenak di dunia nyata. Game memberikan kenyaman dan keseruan yang memaksa kita hanyut ke dalam game. Bermain game sangat cocok untuk menghilangkan kelelahan dalam pekerjaan, sekolah dan keluarga. Sekarang orang sekolah full day maka sedikit waktu yang dapat digunakan untuk melakukan sesuatu, namun game dapat dimainkan dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.

9. Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Tim

Game online banyak memiliki mode bermain sebagai tim, sehingga bermain game akan membuat kita terbiasa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai kemenangan.

10. Membuat Merasa Bahagia dan Senang

Bermain game akan membuat seseorang senang ketika meraih kemenangan atau memperoleh sesuatu di game. Game memang dirancang untuk membuat pemain merasa senang dan bahagia ketika dimainkan.

Banyak penelitian yang telah dilakukan namun belum ada yang menemukan hubungannya bermain game dengan menurunnya kemampuan seseorang. Banyak yang mengatakan mungkin bukan gamenya yang perlu ditakuti tapi, alasan kenapa seseorang menghabiskan waktunya untuk bermain game.

BACA JUGA : Dampak Bermain Game Online Terhadap Pergaulan Anak

Berbeda cerita lagi jika kalian sudah kecanduan terhadap suatu game, karena semua hal yang bersifat berlebihan itu tidak baik. Seseorang bisa menarik dirinya dari lingkungan, gampang emosi dan hilangnya rasa empati terhadap sekitarnya.

Sekian postingan kali ini jika ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika memiliki pertanyaan, saran dan kritik jangan lupa untuk berkomentar ya! Jangan lupa untuk mengikuti social media kami agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik yang akan kami bagikan.


Gambar Penjelasan Skill Hero Change ML dan Build Tersakitnya

Penjelasan Skill Hero Change ML dan Build Tersakitnya


Gambar File Hosting Gratis Terbaik Dengan Penyimpanan Terbesar

File Hosting Gratis Terbaik Dengan Penyimpanan Terbesar


Gambar Belajar Menggunakan Hero Lylia dan Build Tersakitnya

Belajar Menggunakan Hero Lylia dan Build Tersakitnya


Gambar Memahami skill dan Build Terkuat Hero Thamuz ML

Memahami skill dan Build Terkuat Hero Thamuz ML



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *